Formasi Pengumuman CPNS Kota Sawahlunto sudah dapat dilihat di portal menpan www.panselnas.menpan.go.id untuk persyaratan umum dan persyaratan khusus akan segera diinformasikan
  • PDF
  • VISI DAN MISI KOTA SAWAHLUNTO
VISI PEMERINTAH KOTA SAWAHLUNTO 2013-2018
Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan dan memperhatikan prioritas nasional tersebutdiatas, serta mengakomodir visi, misi, Kepala Daerah terpilih, maka visi Pemerintah Kota Sawahlunto tahun 2013-2018 adalah "Terwujudnya Masyarakat Kota Sawahlunto yang Produktif, Mandiri, Religius, Sejahtera dan Pemerintahan yang Melayani".

Penjabaran Visi Pemerintah Kota Sawahlunto :
- Produktif : Berarti suatu kondisi dimana masyarakat mempunyai kemauan dan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu barang atau jasa yang mempunyai nilai j ual sebagai penunjang ekonomi keluarga.
- Mandiri  :  Berarti berada pada kondisi dimana masyarakat dan daerah memiliki kehidupan yang sejajar dengan masyarakat dan daerah lainnya dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan sendiri melalui pemanfaatan sumber daya yang ada dan mewujudkan nilai kebersamaan.
- Religius  :  Berarti perilaku masyarakat yang mengarah pada lehidupan yang agamis dengan meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
- Sejahtera  :  Berarti suatu kondisi dimana terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi yang berlandaskan daya saing dengan ditandai membaiknya indikator pembangunan sumber daya manusia antara lain pendapatan perkapita, menurunnya angka kemiskinan dan berkurangnya tingkat penangguran sejalan dengan peningkatan pertumbuhan dan perbaikan ekonomi yang berkualitas serta meningkatnya derajat pendidikan dan kualitas kesejahteraan masyarakat.
- Pemerintahan yang Melayani : Pemerintahan daerah dengan peran barunya harus diarahkan sebagai fasilitator dan pengendali pelaksana langsung suatu urusan dan layanan.

MISI PEMERINTAH KOTA SAWAHLUNTO 2013-2018
Sebagai langkah nyata dari visi Pembangunan Daerah Kota Sawahlunto tersebut diatas, maka misi Pemerintah Kota Sawahlunto tahun 2013-2018 dalam upaya mengembangkan dan memajukan pembangunan dalam semua bidang melalui perencanaan yang berkesinambungan, terarah, dan terukur. Berkesinambungan artinya melanjutkan program kerja yang sudah disusun dan ditetapkan dalam APBD tahun 2013 dan tahun sebelumnya dan bersinergi dengan program kerja yang sudah ada. Terarah artinya bahwa perencanaan dan eplaksanaan pembangunan diarahkan untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan yang dilaksanakan secara b ertahap dan tetap berkesinambungan searah terwujudnya visi kota tahun 2020. Sedangkan terukur artinya pelaksanaan program keja dari tahun  ke tahun harus mengalami peningkatan dengan tingkat persentase pencapaian yang jelas dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, ataupun sumber pendanaan lainnya yang sah untuk pembangunan daerah.
Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, diperlukan Misi Pembangunan Daerah yang telah disususn untuk periode 2013-2018 adalah sebagai berikut :
a. Mengembangkan usaha ekonomi produktif dan menciptakan peluang usaha melalui keunggkulan pariwsata dan produk lokal.
b. Mewujudkan kemandirian dan daya saing daerah.
c. Memupuk kehidupan sosial yang agamis dan berakhlak mulia serta mengoptimalkann pelaksanaan pendidikan berkarakter.
d. Menumbuhkan masyarakat yang berintelektualitas, sehat, sejahtera, yang menguasai berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan  budaya.
e. Menciptakan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, melayani, kreatif, inovatif dan efisien.
f. Mengoptimalkan pengelolaan dan pp\emanfaatan potensi daerah.
g. Memperluas jaringan sosial, ekonomi secara nasional dan  internasional.


Kontak Kami

 Jl. Soekarno Hatta No. 3
 Kode Pos 27424
 Telp. (0754) 61062 
 Fax. (0754) 61011
 Email : informasi@sawahluntokota.go.id
 Web : www.sawahluntokota.go.id